anak " mumt@z XII muallimien

anak " mumt@z XII muallimien
cinta adalah kekuatan terbesar umat manusia..

Selasa, 14 April 2009

jauhi...imperioritas !!!

bismillah..
hai..sobat blogger[soblog] semuanya...
pernahkah antum semua merasakan malu, minder, bahkan rendah diri dalam bergaul ???
hati hati !!! hal itu bisa menjadi penyakit, yakni penyakit lemah mental [ imperioritas]...
soblog semuanya orang yang lemah mental atau mentalnya lemah...eh sama gak ya he he...akan selalu merasa gelisah, khawatir, takut, ragu ragu, curiga, berprasangka buruk, em pokoknya negative thinking dech dan seabreg hal lain yang membuat kita menjadi seperti manusia yang termalang didunia hingga menjadi manusia yang tidak produktif...padahal kita semua mempunyai kelebihan yang Allah berikan kepada kita lho... hanya mungkin kita tidak menyadarinya atau bahkan kita hanya memikirkan kekurangan diri saja... em tentunya kita ingin menghilangkan sifat imperioritas tersebut..karena sifat itu adalah sifat yang merugikan bagi kita... ana ingin berbagi ilmu nich meski sedikit tapi mudah mudahan bisa bermanfaat...cobain dech tips ini... semoga kita bisa menjadi manusia yang produktif karna telah mengikis sifat imperioritas kita...
  1. terimalah diri kita apa adanya , tetapi jangan diartikan kita tidak melakukan apa apa untuk memperbaiki kelemahan yang kita punya . soblog jadilah diri kita apa adanya jangan sampai kita menjadi orang lain...kita harus yakin kalau kita itu mampu menjadi diri sendiri.. so lakukan perubahan untuk menuju yang lebih baik dari hari ini dengan tetap menjadi diri kita..
  2. hadapi rasa takut...jangan dihindari..karna hal ini akan menambah percaya diri..em kadang kita ingin lari bahkan selalu ingin menjauh dari dia..padahal coba deh soblog semuanya kita hadapi rasa takut yang slalu menghadang diri kita..yup
  3. kembangkan bakat yang kita punya..soblog itu tadi mungkin yang slalu kita pikirkan hanyalah kekurangan diri kita saja..kita mungkin terlalu melebih lebihkan orang lain sehingga kita seperti dibawah orang itu..padahal alloh memberikan kita kelebihan juga..pasti deh karna tak mungkin ada kekurangan kalau tak ada kelebihan yang kita punya..ya kan?
  4. selanjutnya..ehm..ehm..jangan ragu untuk mencari pasangan baru eh salah maksudnya mencari pengalaman baru maklum..tadi dikelas dah belajar `bulughul maram` bab nikah gitu he..he..engga ketang bercanda..terusin lagi yach..dan jangan ragu untuk mencari kesempatan baru apalagi kalau kesempatan itu sudah ada dihadapan kita..asalkan itu baik ambilah..inget lho kesempatan itu sulit untuk datang dua kali..hemm..ngertikan maksudnya..
  5. hargai diri sendiri apabila telah berhasil meraih sesuatu yang baik..eum inget juga yach sekecil apapun keberhasilan yang kita raih itu adalah hasil jerih payah kita bener ga..jadi ya hargai & nikmati itu semua..awaz lho jangan sekali kali menjelek jelekan keberhasilan kita yach...karna itulah sebenernya yang membuat kita tak pernah menyadari kelebihan yang kita miliki..tapi awaz juga jangan sampe puas disitu aza kita harus tetap bangkit untuk meraih keberhasilan yang lebih baik lagi..
  6. beranikan diri untuk berbicara dengan orang lain..biasanya nieh klu kita lagi terserang penyakit ini suka gimana gitu klu mau bicara ma orang lain ya kan? nah maka dari itu coba deh beranikan diri bicara ma orang lain ana yakin kita semua bisa melakukannya karna alloh itu sama memberikan sebuah bibir untuk kita gunakan berbicara..sok yah kita beranikan diri..bisa kan?
  7. hindari perasaan ketergantungan kepada orang lain hanya karna merasa nyaman...nah ini dia yang membuat kita keenakan akhirnya...kita terbuai,jadinya merasa bahwa diri kita gak usah maju karna sudah ada yang menjamin kita..bahaya kan?kita memang wajib bergaul dengan orang lain coz kita kan ga bisa hidup sendiri..tapi biasanya klu kita dah merasa nyaman deket ma orang lain kita jadi suka lupa diri...hemm..jadi gimana donk? kita ambil tengahnya aza yah kita harus bisa deket ma orang lain karna orang lainlah yang membuat kita ada...tapi awaz kita jangan lupa diri ya..apalagi tergantung sama mereka.. jadi skali lagi hindari ya yang namanya ketergantungan hidup..
  8. hadapilah masalah dan selesaikanlah...jangan menyerah apalagi mengalah kepada masalah..em soblog semua klu suka baca alquran,kita pasti menemukan sebuah ayat yang berbunyi ; la nukallifullohu nafsan illa wus`aha...artinya jadi alloh tidak akan membebani seorang jiwa kecuali berdasarkan kadar kemampuannya..tu kan alloh sendiri dah menjamin bahwa diri kita pasti mampu tuk hadapi masalah kita..karna itu pasti sesuai dengan kemampuan kita..so jangan takut tuk hadapi sebuah masalah..yakinlah alloh menyertai kita...
  9. yang terakhir nieh perhatikan lingkungan yach..inget lho lingkungan kita itu sangat berpengaruh sekali keberadaannya buat kita..oleh karna itu kita harus sering sering bergabung dengan lingkungan yang baik yah..yaitu lingkungan yang mendukung kita..jangan sampai kita diam di lingkungan yang membuat kita semakin imperioor..wah bahaya klu gitu mah..so dari sekarang perhatikan lingkungan disekeliling kita..oke!!!
  10. eh satu lagi nieh..yang terakhir banget..jangan lupa berdo`a yach..karna do`a itu sumber kekuatan kita..coba sehebat apapun diri kita klu tidak di barengi dengan do`a mah ga kan bisa..jadi mulai sekarang banyak banyaklah berdo`a..smoga kita semua bisa dijauhkan dari sifat ini yach..amien..wallohu a`lam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar